Sumber Daya Ekonomi
Potensi
sumberdaya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya
dapat diartikan sebagai sesuatu sumberdaya yang dimiliki baik yang tergolong
pada sumberdaya alam (natural resources/endowment factors) maupun potensi
sumberdaya manusia yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta dapat
digunakan sebagai modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayah tingkat
ketergantungan terhadap sumberdaya secara struktural harus bisa dialihkan pada
sumberdaya alam lain.
Sumber Daya Sementara
-
Waktu menjadi variabel yang semakin
penting dalam memahami perilaku konsumen.
-
Karena konsumen mayoritas semakin
mengalami kemiskinan akan waktu. Namun demikian ada suatu bagian waktu yang
dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu senggang.
-
Sumber daya kognitifProduk yang
diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut barang waktu (time
goods).
Sumber Daya Kognitif
Pengertian sumber daya kognitif
adalah kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan
operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini
membahas munculnya dan diperolehnya schemata—skema tentang bagaimana
seseorang mempersepsi lingkungannya— dalam tahapan-tahapan perkembangan, saat
seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental.
Teori ini digolongkan ke dalam konstruktivisme.
Kandungan Pengetahuan
Pengetahuan
konsumen akan mempengaruhi keputusan pembelian. Pengetahuan konsumen adalah
semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta
pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan
fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan
Konsumen terbagi kedalam tiga macam :
1.
Pengetahuan
Produk adalah kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan
ini meliputi kategori produk, merek, terminologi produk, atribut atau fitur
produk, harga produkdan kepercayaan mengenai produk.
Jenis Pengetahuan Produk:
(1) Pengetahuan tentang karakteristik atau atribut produk
(2) Pengetahuan tentang manfaat produk
(3) Pengetahuan tentang kepuasan yg diberikan produk kepada konsumen
Jenis Pengetahuan Produk:
(1) Pengetahuan tentang karakteristik atau atribut produk
(2) Pengetahuan tentang manfaat produk
(3) Pengetahuan tentang kepuasan yg diberikan produk kepada konsumen
2.
Pengetahuan
Pembelian
Terdiri atas
pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk
yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Konsumen cenderung lebih senang
mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah
mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut.
Perilaku Membeli:
1.
Store
Contact
Meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
Meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
2.
Product
Contact
Konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir.
Konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir.
3.
Transaction
Konsumen akan membayar produk tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat pembayaran lainnya.
Konsumen akan membayar produk tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat pembayaran lainnya.
3.
Pengetahuan
Pemakaian
Suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi.
Suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi.
Organisasi Pengetahuan
Organisasi
pengetahuan merupakan sesuatu untuk mengatur atau struktur organisasi untuk
mengelompokan sesuatu, organisasi di buat untuk memudahkan penggunaan
dokumen atau pengetahuan itu sendiri,
Pengetahuan
dalam suatu organisasi dapat menjadikan organisasi tersebut memahami tujuan keberadaanya,
diantara tujuan-tujuan tersebut yang terpenting adalah bagaimana organisasi
memahami cara mencapai tujuannya, Organisasi-organisasi yang sukses adalah
organisasi yang secara konsisten menciptakan pengetahuan baru dan menyebarkanya
menyeluruh didalam organisasinya dan secara cepat mengadaptasinya kedalam
teknologi dan produk serta layanan mereka.
Empat kategori personil dalam
pengetahuan Organisasi
Mengategorikan orang2 dalam sebuah
organisasi dalam 2 dimensi sesuai dgn tigkat profesional dan kemampuan
organisasi:
1.
Staff Pendukung: para staff
pendukung membantu para ahli dan para manajer, mereka tdk memiliki kualifikasi
khhusus.
2.
Profesional: merupakan yang paling
trampil/ahli, yang menjalankan pekerjaan dan mereka menyukai pemecahan masalah
dan tidak menyukai rutinitas.
3.
Manajer : kebalikan dr profesional ,
mereka mampu pegelolaan dan pengorganisasian,telah belajar untuk bekerja
melalui orang lain, dan menyukai melakukannya.
4.
Pemimpin : merupakan dimana
orang2/yg lain ingin mengikuti, pemimpin ditunjuk oleh
pengikutnya/bawahan,,kepemimpinan melibatkan 2 tgas : memutuskan kemana
organisasi pergi dan membujuk orang lain untuk mengikuti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar