Kriteria evaluasi,
salah satu aktivitas dalam proses pengambilan keputusan konsumen, memegang
peranan penting dalam memprediksi perilaku pembelian konsumen.
Beberapa kriteria eveluasi yang umum
adalah:
1.
Harga Harga
menentukan pemilihan alternatif.
Konsumen
cenderung akan memiliha harga yang murah untuk suatu produk yang ia tahu
spesifikasinya. Namun jika konsumen tidak bisa mengevaluasi kualitas produk
maka harga merupakan indicator kualitas. Oleh karena itu strategi harga
hendaknya disesuaikan dengan karakteristik produk.
2.
Nama Merek
Merek
terbukti menjadi determinan penting dalam pembelian obat. Nampaknya merek
merupakan penganti dari mutu dan spesifikasi produk.
3.
Negara Asal
Negara
dimana suatu produk dihasilkan menjadi pertimbangan penting dikalangan konsumen.
negara asal sering mencitrakan kualitas produk.
4.
Saliensi
Kriteria Evaluasi
Konsep
saliensi mencerminkan ide bahwa kriteria evluasi kerap berbeda pengaruhnya
untuk konsumen yang berbeda dan juga produk yang berbeda. Pada suatu produk
mungkin seorang konsumen mempertimbangkan bahwa harga adalah hal yang penting,
tetapi tidak untuk produk yang lain. Atribut yang mencook (salient) yang
benar-benar mempengaruhi proses evaluasi disebut sebagai atribut determinan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar